Minggu, 11 Oktober 2009

menikah... pilihan ataukah kewajiban??????

terinspirasi dari percakapan dengan sabahat-sahabat gue di food court. dan yang beberapa minggu setelah itu gue mendapatkan kabar bahwa salah satu temen gue sudah menikah dan tengah hamil muda..

apakah hakekat dari sebuah pernikahan?

pernikahan adalah abadi. apa yang telah disatukan oleh Tuhan tidak boleh di pisahkan oleh manusia. apapun bentuk dari perselisihan suami-istri, tetapi pernikahan adalah hal yang tidak boleh terjadi dalam sebuah pernikahan.

menurut pribadi gue, pernikahan adalah sebuah pilihan dan bukan sebuah kewajiban. hal itu menjadi sebuah kewajiban karena terkadang anggapan masyarakat mengenai 'seseorang yang belum (tidak) menikah' yang membuat sebuah pernikahan adalah suatu kewajiban.

petrus mengatakan bahwa akan lebih baik jika tidak menikah, tetapi jika kita tidak mampu menahan daging, maka menikahlah daripada akan membuat dosa yang akan menjauhkan kita denan Tuhan.

tante gue menikah dengan oom gue setelah 3 bulan perkenalan mereka. alasan tante gue adalah karena usia dan tidak mau di dahului oleh keponakannya. semasa pernikahannya itu, tante gue baru mengetahui segala sisi lain dari oom gue. entah menyesal ataukah tidak, tapi perubahan besar terjadi di hidup tante gue. beliau semakin menjauh dari keluarga besar gue.

sebelum memutuskan untuk menikah, ada banyak hal yang perlu di pikirkan dan pertimbangkan. janganlah terlalu terburu-buru untuk menikah jika menikah hanya demi suatu gengsi, harga diri, atau hanya karena untuk menepis anggapan masyarakat tentang istilah 'perawan tua' atau 'perjaka tua'.

tanyakan pada Tuhan, apakah kamu di rencakanNya untuk menikah atau tidak... menikah atau tidak menikah adalah sama baiknya....

ingat bahwa menikah adalah pilihan, bukan kewajiban!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar