Rabu, 27 Oktober 2010

"saya" dibalik sang topeng



hidup adalah proses pembelajaran..

dimana anda ditempatkan, disanalah anda dipaksa untuk belajar..
apa yang anda dapatkan dari sebuah pembelajaran?
menurut saya hasil dari pembelajaran adalah pengalaman. pengalaman yang akan selalu menjadi pengalaman baru dalam hidup kita. semakin anda belajar, semakin banyak pengalaman yang harus anda pelajari dan menumbuhkan pengalaman-pengalaman lainnya lagi.

aneh rasanya ketika saya seharusnya malu, kecewa, marah atau bahkan sedih, tetapi saya tidak bisa melakukan bentuk emosi itu. bahkan ketika saya melihat bahwa emosi ini adalah sebuah pembelajaran yang sedang menuntun saya pada sebuah pengalaman yang baru dalam sebuah proses pembelajaran. saya dituntut untuk menjadi jauh lebih dewasa dalam menyikapi sebuah permasalahan.

padahal jika saya melihat dari sisi "manusiawi" seorang saya, kesalahan tidak hanya pada diri saya tetapi pada orang-orang disekitar saya yang sangat susah diajak untuk bekerja sama. sayangnya, saya tidak ingin mempersalahkan mereka dalam kesalahan "bersama" ini. seolah semakin saya ditekan dan dijatuhkan semakin saya bersikap kuat.

kita semua akan belajar dari sebuah kesalahan. dari kesalahan akan membuat kita mengerti dan memahami kebenarannya... jadi jangan takut mencoba untuk salah.. karena salah merupakan proses belajar.

saya jadi teringat ketika saya pun belajar dari sebuah kesalahan hidup. ketika saya menyandarkan hidup saya pada kemampuan saya sendiri. saya berakal logika akan hidup saya, dan hanya memikirkan akan kehidupan saya. saya terjerumus pada hal-hal yang "duniawi" sekali. kemudian saya ditegur dan saya belajar bahwa hidup saya bukanlah milik saya sendiri. saya belajar dari pengalaman hidup saya di masa lalu yang penuh dengan ketidakdamaisejahteraan dan kekacauan. ketika saya mengenal DIA yang melepaskan segala ikatan dosa saya, saya diubahkan jauh lebih baik lagi.
saya belajar dari proses ini. seseorang mengatakan kepada saya bahwa "awalnya kita benar kemudian sekarang kita tersesat di jalan yang benar"...





hidup adalah proses. proses untuk belajar dan menghasilkan pengalaman yang terus dan menerus dipelajari hingga tercipta banyak sekali file pengalaman dalam kehidupan.

sepertinya begitulah sedikit sharing dari seorang "saya" di balik topeng sang topeng ini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar